• Cara Menggunakan Neraca Analitik Digital yang Benar di Laboratorium

    Cara menggunakan neraca analitik digital yang benar di laboratorium akan memperpanjang usia alat ukur massa tersebut. Cara penggunaan yang keliru akan merusak timbangan dan juga menyebabkan terjadinya kesalahan baca atau berubahnya setingan standar neraca tersebut sehingga neraca perlu dikalibrasi ulang. Salah satu cara yang keliru adalah menimbang benda dengan bobot yang melebihi kapasitas neraca analitik tersebut. Dibandingkan dengan jenis/macam neraca digital, neraca mekanik yang dioperasikan secara manual biasanya memiliki kelebihan daya tahan dalam penggunaannya.Merk neraca Ohaus adalah salah satu yang terkenal dan banyak digunakan di laboratorium. Anda bisa membeli neraca seperti ini di www.alatalatlab.com.

    Cara Menggunakan Neraca Analitik Digital yang Benar di Laboratorium

    Fungsi neraca digital analitik adalah sebagai alat bantu pengukur massa benda. Jika anda bekerja di laboratorium anda perlu bekerja dengan hati-hati dan teliti. Tidak perlu cepat dan terburu-buru yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan lainnya. Neraca digital analitik biasanya ditempatkan di ruang instrumentasi yang memerlukan kestabilan suhu dan aliran udara dalam ruangan tersebut.Sebelum anda menggunakan neraca analitik digital, sebaiknya anda membaca manual book dan informasinya. Lalu bagaimana cara menggunakan neraca analitik yang benar di laboratorium. Yuk mari kita baca penjelasan berikut.

    Bagaimana Cara Kerja Neraca Analitik Digital?

    Cara kerja neraca digital cukup sederhana. Hanya dengan meletakkan benda di atas piringan neraca, nda bisa membaca bobot benda pada display yang ditampilkan di layar LCD-nya.

    Manusia mengenal neraca digital sebagai alat ukur untuk satuan berat. Dibandingkan dengan neraca jaman dulu yang masih menggunakan neraca analog atau manual, neraca digital memiliki fungsi lebih sebagai alat ukur, diantaranya neraca digital lebih akurat, presisi, akuntable (bisa menyimpan hasil dari setiap penimbangan) (Timbangandigital, 2010).

    Menimbang benda adalah menimbang sesuatu yang tidak memerlukan tempat dan biasanya tidak dipergunakan pad reaksi kimia, seperti menimbang cawan, gelas kimia dan lain-lain. Menimbang zat adalah menimbang zat kimia yang dipergunakan untuk membuat larutan atau akan direaksikan. Untuk menimbang zat ini diperlukan tempat penimbangan yang dapat digunakan seperti gelas kimia, kaca arloji dan kertas timbang

    Menimbang zat dengan penimbangan selisih dilakukan jika zat yang ditimbang dikhawatirkan akan menempel pada tempat menimbang dan sukar untuk dibilas. Pada penimbangan selisih akan diperoleh berat zat yang masuk ke dalam tempat yang diinginkan bukan pada tempat menimbang.

    Dalam praktikum biologi, neraca ini biasa digunakan untuk menimbang bahan-bahan yang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil. Beberapa praktikum yang sering memerlukan alat ini yaitu praktikum mikrobiologi dan kultur jaringan, dimana neraca ini digunakan untuk menimbang bahan yang akan digunakan untuk membuat media untuk bakteri, jamur ataupun untuk media tanam kultur jaringan.

    Selain itu dengan adanya tingkat ketelitian yang tinggi maka hal tersebut dapat meminimalkan kesalahan dalam pengambilan media yang dibutuhkan. Jumlah media yang tidak tepat dalam pembuatan media baik untuk kultur jaringan ataupun media bakteri tentunya akan berpengaruh terhadap konsentrasi zat dalam media. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kekeliruan dalam hasil praktikum yang dilaksanakan.

    Pengertian Neraca Analitik Digital

    Neraca analitik digital adalah salah satu neraca yang memiliki tingkat ketelitian tinggi, neraca ini mampu menimbang zat atau benda sampai batas 0,0001 g (4 digit setelah koma).

    Beberapa hal yang perlu diperhatikan bekerja dengan neraca ini adalah neraca analitik digital adalah neraca yang sangat peka, karena itu bekerja dengan neraca ini harus secara halus dan hati-hati. Sebelum mulai menimbang persiapkan semua alat bantu yang dibutuhkan dalam penimbangan.

    Langkah Kerja Penimbangan Benda dengan Menggunakan Neraca Digital Analitik

    • Persiapan pendahuluan alat-alat penimbangan, siapkan alat dan zat yang akan ditimbang, sendok, kaca arloji dan kertas isap.
    • pemeriksaan pendahuluan terhadap neraca meliputi: periksa kebersihan neraca (terutama piring-piring neraca), kedataran dan kesetimbangan neraca.
    • penimbangan, dapat dilakukan setelah diperoleh keadaan setimbang pada neraca dan timbangan pada posisi nol, demikian pula setelah penimbangan selesai posisi timbangan dikembalikan seperti semula.

    Cara Kalibrasi Neraca Digital Analitik

    Pengontrolan Neraca Digital

    Timbangan/Neraca dikontrol dengan menggunakan anak timbangan yang sudah terpasang atau dengan dua anak timbangan eksternal, misal 10 gr dan 100 gr. Timbangan/Neraca digital, harus menunggu 30 menit untuk mengatur temperatur.

    Jika menggunakan timbangan yang sangat sensitif, hanya dapat bekerja pada batas temperatur yang ditetapkan. Timbangan harus terhindar dari gerakan (angin) sebelum menimbang angka “nol” harus dicek dan jika perlu lakukan koreksi. Penyimpangan berat dicatat pada lembar/kartu kontrol, dimana pada lembar tersebut tercantum pula berapa kali timbangan harus dicek. Jika timbangan tidak dapat digunakan sama sekali maka timbangan harus diperbaiki oleh suatu agen (supplier).

    Penanganan Neraca

    Kedudukan timbangan harus diatur dengan sekrup dan harus tepat horizontal dengan “Spirit level (waterpass) sewaktu-waktu timbangan bergerak, oleh karena itu, harus dicek lagi. Jika menggunakan timbangan elektronik, harus menunggu 30 menit untuk mengatur temperatur. Jika menggunakan timbangan yang sangat sensitif, anda hanya dapat bekerja pada batas temperatur yang ditetapkan.

    Timbangan harus terhindar dari gerakan (angin) sebelum menimbang angka “nol” harus dicek dan jika perlu lakukan koreksi. Setiap orang yang menggunakan timbangan harus merawatnya, sehingga timbangan tetap bersih dan terawat dengan baik. Jika tidak, sipemakai harus melaporkan kepada manajer lab. timbangan harus dikunci jika anda meninggalkan ruang kerja.

    Kebersihan Neraca

    Kebersihan timbangan harus dicek setiap kali selesai digunakan, bagian dan menimbang harus dibersihkan dengan menggunakan sikat, kain halus atau kertas (tissue) dan membersihkan timbangan secara keseluruhan timbangan harus dimatikan, kemudian piringan (pan) timbangan dapat diangkat dan seluruh timbangan dapat dibersihkan dengan menggunakan pembersih seperti deterjen yang lunak, campurkan air dan etanol/alkohol. Sesudah dibersihkan timbangan dihidupkan dan setelah dipanaskan, cek kembali dengan menggunakan anak timbangan.

    Prosedur Standar Pengoperasian/Penggunaan Neraca Analitik Digital

    Berikut adalah prosedur yang harus diharus diketahui dan harus dilakukan dalam mengoprasikan neraca digital sebelum hingga setelah penimbangan:

    1. Keadaan neraca harus siap pakai
    2. Neraca harus bersih (terutama piring-piring neraca)
    3. Anak timbangan dalam keadaan lengkap
    4. Persiapan pendahuluan terhadap alat bantu penimbangan
    5. Pemeriksaan kedataran neraca dan kesetimbangan neraca
    6. Pekerjaan penimbangan dan perhitungan hasil penimbangan
    7. Melaporkan hasil penimbangan
    8. Mengembalikan neraca pada keadaan semula

    Proses Pengukuran dengan Menggunakan Neraca Digital Analitik

    Secara umum proses menimbangan dengan neraca elektronik/digital adalah:

    1. Pastikan bahwa timbangan sudah menyala.
    2. Pastikan timbangan menunjukkan angka ”nol”( jika tidak perlu di koreksi).
    3. Letakakan benda yang massanya akan diukur pada piringan tempat benda.
    4. Baca skala yang tertera pada display digital sesuai skala satuan timbangan tersebut.
    5. Untuk pengukuran yang sensitivitasnya tinggi perlu menunggu 30 menit, karena hanya dapat bekerja pada batas temperatur yang ditetapkan.

    Langkah kerja penimbangan dengan neraca analitik digital

    1. Persiapan alat bantu penimbangan

    Untuk menimbang zat padat diperlukan:

    • Kaca arloji yang kering dan bersih, digunakan untuk menampung kelebihan zat yang ditimbang, karena kelebihan zat tidak boleh dikembalikan ke botol zat.
    • Sendok (biasanya sendok plastik)
    • Kertas isap untuk memegang tempat menimbang pada saat memasukan/mengeluarkan alat timbang (dan zat) ke atau dari dalam neraca
    • Botol timbang sebagai tempat penimbangan
    • Zat yang akan ditimbang dan setelah penimbangan selesai, botol zat harus dikembalikan ke tempatnya

    2. Pemeriksaan pendahuluan terhadap neraca Digital Analitik

    Ketentuan pemeriksaan berkala adalah sebagai berikut:

    • Pemeriksaan kebersihan neraca terutama piring-piring neraca dapat dibersihkan menggunakan sapu-sapu yang tersedia dalam neraca
    • Pemeriksaan kedataran neraca dilakukan dengan cara melihat water pass, dengan mengatur sekrup pada kaki neraca sehingga gelembung air di water pass tepat berada di tengah
    • Pemeriksaan kesetimbangan neraca yang dilakukan dengan membiarkan dahulu pointer bergoyang ke kiri dan ke kanan beberapa kali. Jika goyangan maksimum ke kiri dan ke kanan kira-kira sama jauh maka neraca dalam keadaan setimbang

    3. Cara menggunakan neraca analitis digital

    • Letakkan wadah bahan seperti gelas arloji di atas neraca
    • Nolkan terlebih dulu neraca tersebut dengan menekan tombol Tare
    • Letakkan zat yang akan ditimbang pada bagian wadah timbangan
    • Baca dan catat nilai yang tertera pada layar monitor neraca
    • Setelah digunakan, nolkan kembali neraca tersebut

    Video Cara Menggunakan Neraca Analitik Digital yang Benar di Laboratorium

    Anda bisa menghitung massa jenis benda menggunakan neraca analitik. Timbang massa benda dengan neraca analitik dan ukur volume benda dengan gelas ukur. Selanjutnya bagi massa (gram) benda dengan volume (ml). Itulah massa jenis benda tersebut.

    Info terkait Cara Menggunakan Neraca Digital, Jelaskan Secara Singkat Teknik Kalibrasi Neraca, Bagaimana Penanganan Dan Perawatan Neraca Yang Baik, Cara Mendatarkan Neraca Analitis, Prosedur Penggunaan Neraca Analitik, Tingkat Ketelitian Neraca Analitik, Langkah-langkah Membersihkan Neraca Analitik, Bagian Bagian Neraca Analitik. Inilah informasi seputar neraca analitik digital dan cara penggunaannya. Semoga bermanfaat.


    Tags Tags: , , ,
  • Comments

    No comments yet

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Add comment

    Name / User name:

    E-mail (optional):

    Website (optional):

    Comment: